Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Membuat Kue Lapis Tepung Beras

Apa yang sering anda lakukan ketika mengisi waktu yang senggang di rumah? apabila anda seseorang yang hobi masak-memasak maka cobalah untuk membuat kue lapis tepung beras, yang bisa anda nikmati dengan keluarga.

Kue lapis tepung beras nampaknya menjadi salahsatu makanan tradisional yang cukup banyak digemari oleh para penikmat makanan olahan dari tepung. Selain rasanya yang memang khas, warna yang mencolok juga menjadi daya tarik tersendiri untuk kue yang satu ini.

Seperti yang kita kenal bahwa kue lapis tepung beras diketahui dengan ciri khasnya warna yang berlapis-lapis dengan warna yang tumpang tindih. Jenis kue ini sudah amat tersohor sekali diseluruh Indonesia karena di toko kue tradisional biasanya pasti ada penjual kue basah yang manis ini.

Kalau ingin berhasil membuatnya baik itu teksturnya yang pas ataupun rasanya juga yang sesuai selera, silahkan simak dengan seksama bahan-bahan apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara membuatnya.
Bahan-bahan:
- 100 gram tepung sagu
- 1500 ml santan kental
- garam dapur secukupnya 
- 310 gram gula pasir
- 300 gram tepung beras
- 3 lbr daun pandan
- pewarna makanan alami (daun suji) 

Cara Membuat:
1. Rebus santan kental, masukkan daun pandan dan garam dapur. Aduk perlahan hingga mendidih. Matikan api.
2. Di wadah lain campurkan sesuai takarannya yaitu tepung beras, tepung sagu dan gula pasirn. Campurkan hingga semuanya merata.
3. Masukkan secara perlahan santan yang sudah direbus ke wadah campuran tepung. Aduk hingga semua santannya habis.
4. Bagilah adonan tersebut menjadi tiga bagian/wadah, silahkan dua bagian adonan tersebut beri pewarna makanan sesuai selera warnanya.
5. Panaskan kukusannya gunakan api yang sedang, masukkan satu warna bagian adonan dan kukus setengah matang.
6. Berikutnya adonan tanpa warna, kukus lagi sebentar dan masukkan adonan warna yang lainya.
7. Lakukan sampai semua adonan habis dan matang.