Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Membuat Kue Lapis Legit Spesial

Kue lapis legit merupakan salah satu kudapan dari bahan dasar tepung yang khas dan spesial. Biasanya banyak dibuat di daerah-daerah yang rasanya masih terasa asli, dengan pewarna yang asli pula sehingga aman dikonsumsi.

Di toko pun banyak yang mejual namun tetap saja, kue lapis legit yang dibuat di daerah mempunyai rasa khas tersendiri, karena mungkin kalau kue lapis legit yang dibuat di toko ada yang memakai bahan kimia dan pengawet sehingga mempengaruhi rasa keasliannya dari kue lapis legit.

Disaat ada acara keluarga kue basah ini sangat cocok dihidangkan dengan minuman air teh hangat yang bisa menemani canda tawa ruang keluarga keluarga anda.

Selain itu dikarenakan rasanya yang enak dan spesial, kue lapis legit ini sering dijadikan hidangan saat lebaran tiba, natal ataupun acara (pesta) yang lainnya. Silahkan disimak saja bahan-bahan dan caranya, resep membuat kue lapis legit spesia berikut ini.
Bahan-bahan:
- 30 butir telur, ambil kuningnya
- 350 gram gula pasir halus
- ½ kg mentega butter atau (mentega 300 gr dan margarin 200 gr)
- 100 gr tepung terigu
- ½ sendok teh vanili bubuk
- ¼ kaleng susu kental manis
- 1 sdm bumbu lapis legit (spekkoek)

Cara Membuat:
1. Campurkan tepung terigu dengan 1 sendok makan spekkoek, ayak. Sisihkan.
2. Siapkan loyang bujur sangkar ukuran 22 x 22 cm, alas dengan kertas minyak lalu oles pakai mentega, taburi tepung. Sisihkan.
3. Kocok mentega butter atau paduan mentega dan margarin dengan bantuan mixer sampai mengembang (warna lebih muda), campurkan susu kental, aduk rata, sisihkan.
4. Di tempat terpisah, kocok gula pasir halus, kuning telur dan vanili sampai mengembang, masukkan sedikit demi sedikit adonan mentega sambil terus diaduk, tambahkan tepung terigu pada point 1 diatas dan aduk hingga rata.
5. Siapkan open hingga suhunya 160 derajat.
6. Sementara itu ambil 4 sendok makan adonan ke loyang yang sudah dipersiapkan, ratakan hingga membuat satu lapisan kue.
7. Panggang menggunakan api kecil, gunakan api dari atas hingga berwarna kecoklatan (± 5 menit).
8. Keluarkan dari pemanggang, olesi dengan sedikit mentega, ulangi langkah diatas membentuk lapisan baru sampai adonan habis.
9. Pada adonan terakhir, panggang dengan api atas bawah sekitar 10 menit sampai matangnya merata. Angkat, dinginkan.